Cari Blog Ini

Tentang Blog Ini

The Begining

Awalnya, saya membuat blog bukan karena saya suka menulis atau apa, melainkan karena tugas. Waktu SMA, guru TIK saya memberi tugas akhir yaitu membuat sebuah blog, dan para murid pun patuh. Karena hanya sebagai tugas, maka setelah tugas dinilai pun, tak banyak yang ingat akan blognya. Tremasuk saya.

Lepas dari SMA, suatu ketika saya membaca suatu buku tentang kisah sehari-hari seorang blogger, yang menuliskan kisah-kisah biasa dengan bahasa yang sedemikian rupa sehingga mampu 'menyihir' pembacanya (Anda pasti tahu siapa yang saya maksud), dan hal itu sedikit menginspirasi saya. . . namun tak cukup untuk mengingatkan saya bahwa sebenarnya saya pun memiliki sebuah blog. Lagipula, blogging menuntut untuk sering online, paling tidak bisa posting via HP (dan saya tidak memenuhi kedua kriteria di atas).

Ketika pada akhirnya tiba era melek teknologi informasi di kosan saya (internet masuk kosan), saya pun ingat bahwa saya memiliki sebuah blog, pernah posting, namun hanya sekali (dan itupun nggak  bermutu). Memang sulit mengawali menulis lagi. Adalah seorang rekan SMA, yang entah darimana awalnya, mengajak saya untuk blogging beberapa bulan kemudian. Awalnya, saya pun masih malas karena dasarnya sudah kehilangan kebiasaan menulis, tapi karena ajakan ini berasal dari seorang teman akrab, susah rasanya untuk menolak. Dan saya pun mulai aktif blogging.

Not Just a Story to Tell

Memulai menulis setelah sekian lama vakum memang tidak mudah. Namun bagaimanapun harus dipaksakan, demi membiasakan diri. Lihat saja, posting-posting awal di blog ini seperti sampah sebenarnya.kalau melihatnya lagi pun sebenarnya malu. Ah, tapi tak apalah, biar tulisan-tulisan itu tetap di sana, sebagai saksi awal merintis blog ini.

Seiring waktu, saya pun belajar dari rekan-rekan blogger lain yang sudah lebih dulu aktif di dunia blogging. Lihat sana lihat sini, akhirnya saya mendapat inspirasi untuk bahan tulisan saya. Bukan, saya bukan mencontoh apa yang mereka tulis. Saya hanya mengamati, kejadian apa sajakah yang mereka tuliskan. Ada yang menuliskan tentang fenomena-fenomena unik dan mengomentarinya, ada yang menuliskan semacam catatan perjalanan ke suatu (atau beberapa tempat), ada yang menuliskan kisah-kisah menarik, ada pula yang menuliskan pengalaman keseharian yang dapat diambil hikmahnya. 

Itu dia, menuliskan sesuatu yang dapat diambil hikmahnya. Dengan demikian, tulisan saya nantinya tidak cuma sekedar menceritakan keseharian tanpa ada makna, melainkan ada sesuatu yang bisa diambil manfaatnya oleh para pembaca (kalau ada yang baca). 'Aliran' itulah yang akhirnya saya anut dalam menulis postingan-postingan di sini. Awalnya memang sulit untuk menuliskan suatu kejadian biasa menjadi suatu kisah penuh hikmah. Namun berkat rdiho Allah Subhanallahu Wa ta'ala, niat yang kukuh, dan usaha yang lumayan (nggak jugga sih, cuma berusaha lebih peka aja dalam melihat dan mengamati kejadian sehari-hari), alhamdulillah langkah ini dimudahkan oleh-Nya. 

Media Dakwah 

Terinspirasi dari beberapa blogger senior, serta berangkat dari niatan untuk menunaikan kewajiban setiap mukmin untuk berdakwah, maka blog ini saya jadikan salah satu jalan dakwah yang insya Allah akan saya tekuni. Mungkin bukan data-data historis umat Islam, ataupun kajian mendalam tentang ajaran Islam, melainkan hanya hal-hal kecil, seputar kejadian sehari-hari, yang diulas dari sisi 'bagaimana seharusnya seorang mukmin menyikapinya'.

Memang, tidak semua postingan saya seperti itu, ada juga postingan yang ringan-ringan saja, tanpa mengutip ayat suci Al-Qur'an ataupun hadits. Namun itu hanya sebagai selingan saja. Toh meski saya fungsikan sebagai media dakwah saya, blog ini saya jadikan blog yang bersifat umum, bukan blog khusus keagamaan (ilmu saya belum mumpuni). Dan dalam membahas topik keagamaan pun, juga sebatas kemampuan saya yang belum ada apa-apanya ini.

Masih banyak kekurangan di sana-sini dalam penulisan artikel (=postingan) dalam blog ini. Saya masih harus banyak belajar. Dan juga butuh masukan dari para pembaca (kalau ada yang baca). Oleh karena itu saya mohon umpan balik dari pembaca sekalian agar blog ini bisa lebih baik lagi nantinya. 

Semoga saya bisa terus istiqomah dalam menjalankan Dakwah bit-Tadwin ini. Amiin, insya Allah.

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang ma'ruf dan mencegah yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali Imran [3] : 104). 

2 komentar:

  1. lho mon,guru tik mu biyen sopo?kok aku gk dpt tgs blog y?

    BalasHapus
  2. mas gun kan?
    awal e bikin tgs bikin web page, format HTML
    terus bikin blog juga kok
    tapi dulu wordpress..

    BalasHapus

Silahkan memberi kritik, saran, usulan atau respon lain agar blog saya yang masih amatir ini bisa dikembangkan menjadi lebih baik lagi :)

Nuwus . . .