Cari Blog Ini

Rabu, 31 Desember 2014

Bencana 4 Elemen

Desember kelabu, mungkin merupakan julukan tepat jika disematkan pada bulan ini. Betapa tidak, bencana datang silih berganti menerpa berbagai wilayah negeri ini. Entah karena apa, semuanya seolah bertema empat elemen (dan masih ada penyebab dari unsur human error juga-banjir dan longsor mungkin bisa dihindari jika tata kelola kota/pemukiman memperhatikan keselarasan dengan alam).

Di Banjarnegara (yang di Jawa Tengah lho ya, bukan Jawa Barat), terjadi tanah longsor. Jakarta, Bandung dan beberapa wilayah lain, kebanjiran. Pasar Klewer di Solo, kebakaran. Di udara pun, pesawat AirAsia jatuh. Bumi, air, api, udara. seolah semua "bersekongkol" bergantian mengirim duka ke rakyat negeri ini.

Senin, 15 Desember 2014

Kisah Mus dan Hen; Cemburu Karena Ketidakadilan

Kisah ini adalah kisah tentang dua sosok yang sama-sama dimiliki oleh orang yang sama, sebut saja namanya Mas Joko (bukan nama saya), yang memberikan perhatian berbeda pada keduanya, yang dirasa tak adil oleh salah satu pihak, namun pihak satunya berkeras bahwa itu bukan masalah. Dialog ini hanyalah fiktif belaka, namun didasarkan pada kisah nyata yang sering terjadi di sekitar kita. Mari kita simak kisahnya:

Rabu, 10 Desember 2014

Sanggup?

Jangan sok tahu kalau memang belum mampu

Jangan sok hebat kalau memang belum bisa banyak berbuat
Jangan sok jumawa kalau memang belum banyak berkarya
Jangan terlalu tinggi menilai kemampuan diri, bukan berarti harus rendah diri
Jangan terlalu sombong melihat prestasi, tetap jaga kerendahan hati
Jangan malas belajar dari siapapun yang ada di sekitar
Jangan segan memungut ilmu dari apapun yang telah berlalu
Orang hebat bukan yang tak pernah gagal, namun yang kembali bangkit dengan asa lebih tebal

Rabu, 03 Desember 2014

Review HP G-Plus G110 New (2)

Hai pembaca sekalian, kali ini penulis kembali dalam lanjutan review ponsel tangguh G-Plus G-110. Setelah mengulas secara umum dalam episode kemarin, kali ini penulis mencoba mengulas lebih dalam apa saja dan bagaimana kinerja ponsel ini. Yuk kita simak sama-sama:

Proses dan Hasil

 Anda tahu isi pensil? Yang hitam panjang dan rapuh itu loo. Itu namanya grafit (graphite). 
ini karbon, namanya grafit
Anda tahu, batu mulia yang biasanya dipakai untuk hiasan cincin? Yang jernih berkilauan itu looo. Itu namanya intan, kalau sidah diproses jadi perhiasan, orang Indonesia menyebutnya berlian (istilah Inggrisnya sama aja diamond). 
ini karbon juga, namanya daimen intan/diamond
Anda tahu nggak, bahwa keduanya merupakan unsur yang sama, yakni karbon? Mungkin sebagian akan protes.  

Rabu, 19 November 2014

Tips Sholat Khusyuk

Assalamu'alaikum Pembaca. Kali ini penulis akan membagi sedikit ilmu dari Kasasi (kajian Selasa siang) di MBT KP DJBC (udah tau kan kepanjangannya?). Seperti biasa, penuli slupa nama narasumbernya (kebiasaaan nih) tapi temanya inget, yakni tentang sholat dan doa (meski awalnya MC mengatakan tema kajiannya akhlaq, nggak papa, yang penting ngaji). Berikut beberapa poin yang penulis dapatkan:

Kamis, 06 November 2014

Review HP G-Plus G 110 New (1)

Dari dulu, sebenarnya saya sudah kesengsem sama ponsel bertipikal outdoor sejak menonton iklan Siemens M-65. Secara mudah, ponsel outdoor adalah ponsel yang dirancang memiliki ketahanan terhadap potensi hal-hal yang dapat merusak ponsel pada umumnya, misalkan benturan/jatuh, percikan air, dan sebagainya, yang kiranya lebih mungkin terjadi saat pengguna melakukan kegiatan di luar ruangan (outdoor) macam camping, rafting, hiking, bicycling, dan sebagainya. Jaman silih berganti, pada akhirnya ponsel tipe itu pun sudah menghilang dari peredaran, dan semakin jarang ditemukan keberadaannya di era smartphone sekarang ini. Orang cenderung memilih ponsel yang 'pintar' dan bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Pasaran ponsel outdoor memang tetap ada, namun tak banyak model yang dikeluarkan oleh produsen, membuat keterbatasan pilihan pada penggemar ponsel segmen ini. Namun tak dapat dipungkiri, bahwa kecelakaan kecil sering terjadi pada ponsel kita, misal, ketumpahan air/kehujanan, jatuh dari genggaman, dan sebagainya. Maka, produsen ponsel pun mulai meilirik lagi segmen ponsel tangguh, beberapa di antaranya dikombinasikan dengan tipe smarphone, menjadi kelas tersendiri yakni smart and strong (klasifikasi kata penulis sendiri :p ). Pada akhirnya penulis berkesempatan memiliki satu jenis ponsel outdoor, dan kali ini penulis berkesempatan mengetes dan mereview ponsel tersebut. Bukan Samsung S4 Active, budget nggak cukup bro :p , cuma sekedar HP (merk) lokal (buatan Tiongkok) berjudul G-Plus G 110 New.

Selasa, 21 Oktober 2014

Adab Menuntut Ilmu

Assalamu'alaikum warohmatullahi wa barokatuh, ahlan wa sahlan Pembaca sekalian.
Kali ini penulis akan berbagi sedikit materi kajian siang di MBT KP DJBC edisi 21 Oktober 2014. Tema kajian kali ini tentang adab menuntut ilmu dalam Islam. Karena Islam tidak hanya mewajibkan kita menuntut ilmu, namun ada tuntunan-tuntunan terkait hal tersebut. Yuk, simak kelanjutannya :

Jumat, 10 Oktober 2014

Syarat agar Bisa Bermaksiat

Assalamu'alaikum wr. wb.
Apa kabarnya pembaca sekalian? Afwan lama nggak posting dikarenakan kesibukan ini dan itu. jangan bingung dengan judul di atas, Kali ini penulis ingin sedikit sharing tentang khotbah Jumat siang tadi.
Khotib mengisahkan tentang dialog antara seorang ulama bernama Ibrahim bin Adham yang juga dikenal sebagai Abu Ishaq, dengan seorang lelaki bernama Jahdar bin Rabiah, yang merupakan seorang pemuda yang gemar melakukan maksiat. Apabila ada di antara pembaca yang pernah mengetahui ksiah ini, kiranya postingan penulis dapat dijadikan pengingat, jikalau belum tahu, semoga menjadi ilmu baru yang sama-sama dapat kita amalkan nantinya.Kurang lebih demikianlah kisahnya:

Rabu, 03 September 2014

Alhamdulillah, Gencatan Senjata di Palestina dan Bantuan Bisa Masuk

KISPA kembali salurkan bantuan saat gencatan senjata Palestina - Israel

Gencatan senjata antara pejuang Palestina dan Israel (26/8), akhirnya berhasil menghentikan serangan Israel ke Gaza sejak Juli 2014. Serangan brutal Israel telah memakan korban 2.140 jiwa gugur, 11.161 orang luka-luka, terdiri 2.088 wanita, 3.374 anak-anak termasuk yang cacat permanen dan luka-luka berat. Sedangkan masjid yang rusak berjumlah 121, dan yang hancur dan rusak berat ada 71. Momentum gencatan senjata antara pejuang Palestina dan Israel, dimanfaatkan KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina) untuk melanjutkan distribusi bantuan bagi rakyat Gaza, Palestina, akhir Agustus 2014.

Selasa, 02 September 2014

Kontroversi Qunut

Suatu fajar di sebuah kegiatan ekskul yang menginap di sekolah, Ardi dan beberapa rekannya beranjak ke mushola sekolah untuk menunaikan kewajiban sholat subuh. Saat itu kebetulan tidak ada guru yang menginap, pun imam tetap di mushola. Maklum, hanya sebuah mushola SMP. Aksi dorong-dorongan brebut untuk emoh jadi imam pun terjadi, dan Ardi gagal memperebutkan posisi makmum (maklum, anak SMP kan biasa rebutan jadi makmum). Setelah iqomat, akhirnya si Ardi kecil mengimami sholat subuh pagi itu. Raka'at pertama no problemo, raka'at kedua, aman, namun saat si Ardi memasuki posisi sujud, temannya mengucap "subhanallah". Ardi lanjut, duduk di antara dua sujud, terdengar "subhanallah lagi", demikian terjadi setiap prgantian gerakan, sampai salam. Ardi menoleh, heran melihat temannya masih berdiri, sementara dia telah selesai sholat. Pakhirnya temannya melanjutkan sholat sendiri cukup lama setelah Ardi. Setelah salam, terjadilah dialog menjurus debat kusir di antara keduanya. "kamu tadi kok nggak pake qunut?", tanya temannya. Si Ardi merasa tidak bersalah, wong memang biasanya tidak pakai Qunut. What's the matter dude?

Senin, 01 September 2014

Somewhere in Jogja

Jogja emang tempatnya orang kreatif, dan kadang emang agak kelewatan kreatifnya. Misalnya,tanda nursing room di sebuah toko oleh-oleh di Jl. Malioboro ini. Hmmmm, ada-ada saja memang. . .

nursing baby...you don't say -,-

Jumat, 29 Agustus 2014

Suatu Petang di Masjid Al Manar

Kamis kemarin penulis sedang ada perlu dengan seorang rekan, janjian di Masjid Al Manar, Utan Kayu, Jaktim. Pas ada materi kajian, temanya "Jalan Menuju Surga". Di akhir sesi, refleks minta materi ke sang penceramah, alhamdulillah dapat. Penasaaran bagaimana materinya? Ini penulis share khusus untuk pembaca sekalian. Materi dapat diunduh langsung di sini.

Senin, 18 Agustus 2014

Kabar dari Gaza (via KISPA)

KISPA kembali salurkan bantuan "Syawal" untuk Rakyat Gaza.

Suatu kebahagian yang besar ketika pekerjaan di laksanakan, amanah ditunaikan dan umat Nabi Muhammad SAW dapat dibantu. KISPA (Komite Indonesia untuk Solidaritas Palestina) suatu lembaga kemanusian yang peduli terhadap urusan umat, khususnya Palestina, kembali menyalurkan bantuan untuk rakyat Gaza Palestina.

Jumat, 15 Agustus 2014

Materi Parenting dari Ustadz Bendri Jaisyurrahman

Ada beberapa materi tambahan yan gsaya dapat selama Ramadhan kemarin, kali ini materi terkait parenting yang disampaikan langsung oleh pakarnya, Ustadz Bendri Jaisyurrahman, dalam dua kesempatan berbeda di MBT KP DJBC (masih inget singkatannya kan?

Rabu, 13 Agustus 2014

Ajakan Bergabung dengan ISIS, Bagaimana Sikap Umat Muslim Seharusnya?

Kemarin, Ustadz Ferry Nur kembali hadir mengisi kajian rutin di MBT KP DJBC (kalo masih bingung dengan singkatan di atas, berarti jarang baca blog ini, Masjid Baitut Taqwa Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai). Membawa berita tentang Gaza, Ustadz Ferry tak henti-henti mengajak kita semua untuk tetap membantu saudara-saudara kita di sana (sebagaimana yang diungkapkan Abderrahman), karena sebagai muslim, itu adalah salah satu kewajiban kita terhadap saudara-saudara kita.
Namun satu hal menarik terjadi di akhir sesi, ketrika salah satu jama'ah menanyakan tentang ISIS. Dan Ustadz Ferry menjawab dengan membacakan pernyataan sikap MIUMI (Majlis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia) terkait keberadaan ISIS. Berikut foto dokumennya sebagaimana yang saya dapatkan dari beliau. Semoga dapat menjawab pertanyaan para jama'ah sekalian.

Senin, 04 Agustus 2014

Mumpung Masih Syawal

Assalamu'alaikum Pembaca sekalian, sehat? Taqabalallahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum . . . Penulis mohon maaf atas segala kesalahan yang pernah terjadi, termasuk salah-salah ketik dan salah posting di antara kita, mumpung masih suasana lebaran bulan Syawal nih.#mendingan telat daripada nggak samasekali

Minggu, 20 Juli 2014

Pilar-pilar Keluarga Sakinah

Assalamu'alaikum pembaca, masih dalam rangkaian kegiatan i'tikaf yang diselenggarakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid Baitut Taqwa Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (panjang amat), kali in penulis akan berbagi materi yang lebih hot dari materi sebelumnya. Kali ini, penceramah Ust. Tajudin menyampaikan materi tentang keluarga Sakinah, yang insya Allah akan sangat berguna bagi para pembaca sekalian, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum. Daripada berlama-lama, silahkan para pembaca langsung sedot materinya di sini (panjang euy, cape nulisnya :p ). Semoga bermanfaat untuk kita semua :)

Jangan Lupakan Gaza

Gaza diserang selama Ramadhan. Dunia internasional tak sedikit yang mengecam. Namun setelah beberapa hari, berita tentang Gaza sudah mereda. Warga dunia lebih banyak yang disibukkan dengan hebohnya piala dunia. Masih adakah yang peduli dengan Gaza?

Jumat, 18 Juli 2014

Orang-orang yang Didoakan Malaikat

Assalamu'alaikum pembaca sekalian, tak terasa kita sudah tiba di penghujung bulan Ramadhan. 10 Hari terakhir tepatnya. Mengingat anjuran Rasulullah utk memperbanyak ibadah pada sepuluh hari terakhir Ramadhan, maka DKM Baitut Taqwa KP DJBC pun tak ingin kalah dengan semangat para jama'ah yang ingin mengisi malam-malamnya dengan ibadah. DKM kami menyediakan waktu dan tempat bagi para pemburu 10 hari terakhir Ramadhan. Dan pada kesempatan kali ini, penulis ingin membagikan materi kajian i'tikaf (ba'da tarawih) pada tanggal 18 Juli 2014 di Masjid Baitut Taqwa Kantor Pusat DJBC dengan tema, orang-orang yang didoakan malaikat.

Kamis, 17 Juli 2014

Buat yang Tertarik dengan Penerimaan CPNS Tahun 2014

Assalamu'alaikum Pembaca. Kali ini penulis ingin berbagi informasi tentang penerimaan CPNS tahun 2014, mengingat masih tingginya minat masyarakat untuk menjadi PNS. Di tengah kebimbangan, biasanya para calon pendaftar akan mencoba mengakses internet untuk mengetahui perkembangan terkini mengenai pendaftaran CPNS tahun 2014 ini. Saya mencoba menelusuri info-info tersebut. Namun ternyata

Kakasi (Kajian Kamis Siang) 17 Juli 2014

Assalamu'alaikum Pembaca sekalian, kali ini penulis akan berbagi materi dari kegiatan rutin di Masjid kantor, Kakasi (kajian Kamis siang). Kali ini temanya tentang manajemen lisan dan hati, yang mencoba mengidentifikasi 20 permasalahan yang paling sering muncul terkait lisan dan hati kita. Sayangnya, keterbatasan waktu membuat penceramah hanya dapat menyelesaikan pembahasan dari poin 1-6 saja. Namun tenang, penuli ssudah mendapatkan copy materi dari penceramah, dan materi tersebut dapat diunduh pada link ini. Selamat me-manage hati dan lisan, Saudara-saudaraku :)

Jumat, 11 Juli 2014

Sindiran yang Pas Mantabh

Kalau sama atasan di kantor nurut, karena atasan bisa memengaruhi karir, tapi sama Allah kok kadang kita bengal ya? Padahal, Allah yang menciptakan, dan memberikan begitu banyak nikmat kepada kita, kok kita nggak ada sungkan-sungkannya tuh . . .

Hati Mana Hati?

Saya heran dengan pola pikir beberapa orang yang nggak tergerak hatinya ketika melihat tragedi kemanusiaan di Palestina, Syiria, Mesir, Iraq, Libya, Sudan, dan beberapa negara lainnya. Jujur saja, sekarang coba kita kesampingkan dulu dalil-dalil dan sejarah konflik tersebut. Lupakan dulu, karena kebanyakan orang yang tidak peduli, tidak suka bawa-bawa agama. Oke coba kita turuti sejenak. Kesampingkan dulu faktor agama dalam konflik-konflik berdarah tadi. Kita bicara realita saja.

Kamis, 10 Juli 2014

Sekali Lagi, Mari Kita Dukung Palestina

Untuk kesekian kalinya, Palestin diserang oleh kaum penjajah laknatullah... semoga Allah melindungi bangsa Palestina dan menghinakan kaum penjajah yang menodai kesucian Ramadhan dengan melakukan pembantaian terhadap kaum muslimin di Palestina. Saya memposting ulang tentang ini untuk mengingatkan kita apa saja yang bisa kita lakukan untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina. Mengutip kata-kata Ustadz Ferry Nur dar KISPA, ada 3 hal yang bisa kita lakukan untuk membantu bangsa Palestina, yakni:

Kamis, 03 Juli 2014

Bedah Buku 'Api Sejarah' Bersama Prof Ahmad Mansur Suryanegara

Prof Ahmad Mansur
Assalamu'alaikum Pembaca sekalian. Siang tadi, Dewan Kemakmuran Masjid Baitut Taqwa Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (selanjutnya disingkat DKMBT KPDJBC) mengadakan kajian rutin dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Pengisi acara siang tadi adalah Prof Ahmad Mansur Suryanegara, Guru Besar Sejarah Unpad, yang membedah secara singkat buku karangan beliau 'Api Sejarah' dan 'Api Sejarah 2'.

Rabu, 02 Juli 2014

Sedikit Berbagi Ilmu (Biasa, Rangkuman Kajian Rutin)

Assalamu'alaikum wr wb pemirsa sekalian. Kali ini penulis ingin berbagi sedikit ilmu dari ckajian rutin yang diadakan di masjid kantor. Seperti masjid-masjid lain, masjid kami pun mengadakan kegiatan kultum atau kajian singkat, selepas sholat 'Isya setiap hari, serta selepas sholat dzuhur setiap Selasa sampai Kamis. Berikut beberapa poin yang dapat penulis catat dari Khotbah Jumat (27 Juni), kajian ba'da Isya (30 Juni dan 1 Juli ), kajian ba'da Dzuhur (2 Juli ) :

Selasa, 01 Juli 2014

How Deep Is Your Soul?

Kadang kita menghadapi situasi yang terasa berat, seolah melebihi batas kemampuan kita. Dan ketika itu terjadi, ingat kata-kata saya ini.

Senin, 30 Juni 2014

Awas, Salah Kampanye Bisa MasuK Neraka Bro

Sejak beberapa bulan terakhir ini media heboh membicarakan kedua pasangan capres-cawapres kita, dan yang bikin sebel adalah socmed juga kebagian hebohnya. Bahkan heboh banget. Serius, ini nyebelin guys,

Minggu, 29 Juni 2014

Let's Get BRIGHT

Assalamu'alaikum yaa Ramadhan, alhamdulillah kita masih diberi kesempatan oleh ALlah SWT untuk bertemu lagi dengan bulan penuh berkah ini. Bagaimana kesiapan rekan-rekan pada Ramadhan kali ini?

Jumat, 20 Juni 2014

Ah, Manusia

Alangkah sedihnya menjadi seorang manusia, yang ketika datangnya membuat muram suasana
Alangkah sedihnya menjadi seorang manusia, yang kepergiannya disambut dengan sukacita

Selasa, 10 Juni 2014

No Matter What Happened, Just :)

Harimu tak akan selalu menyenangkan, akan selalu ada hal-hal dan orang-orang menyebalkan bermunculan tanpa peringatan, namun apapun itu, senyum sajalah :)

Selasa, 03 Juni 2014

Kasasi (Kajian Selasa Siang); Mengqodho' Sholat

Assalamu'alaikum Wr Wb pembaca sekalian, setelah luamaaaa sekali saya tidak meng-update blog ini, akhirnya bisa kembali menulis. Kali ini saya akan mencoba fitur baru dalam nge-blog, yakni berbagi file melalui google drive. Yang akan saya share siang ini adalah materi kajian selasa siang dari Masjid baitut Taqwa Kantor Pusat DJBC, daru Ustadz Al Bughury, tentang "Mengqodho' Sholat".

Kamis, 15 Mei 2014

Balasan

Suatu ketika kita mendapat limpahan tanggung jawab dari seseorang yang melemparkan tanggung jawabnya pada kita, 
jangan marah,

Selasa, 29 April 2014

Syukur itu...

Dari kajian siang di masjid kantor tadi, ada beberapa ilmu yang bisa di-share, yakni tentang syukur. Udah pernah dibahas? Ah, nggak pa pa, apa salahnya dibahas lagi. Yuk, check it Guys:

Kamis, 03 April 2014

Panduan Memilih Pemimpin dalam Perspektif Islam

Mendekati pesta demokrasi, makin banyak tokoh merasa terkenal, pasang foto dimana-mana, merasa jadi sahabat semua kalangan, merasa mampu jadi pemimpin, dan sebagainya. Padahal sebagian besar, yaaa, tahu sendiri laah, cuma modal pepesan kosong. Rakyat pun makin bingung, siapa yang harus dipilih untuk mewakili suaranya di Senayan nanti. Memang sulit cari figur pemimpin atau wakil rakyat yang tepat sekarang ini, karena reputasi mereka susah diketahui kebenarannya. Kebanyakan sudah memiliki skuad pencitraan sendiri-sendiri sehingga mengaburkan fakta yang ada. Repot kan, belum jadi pemimpin saja sudah membohongi rakyat? Gimana kalo udah jadi pemimpin ntar???

Selasa, 01 April 2014

Farid Hakim, Nick Vujicic-nya Indonesia

Kebetulan malam ini nonton acara Hitam Putih (1 April 2014), dan bintang tamunya menurut saya spesial banget. Seorang bocah difabel, tanpa tangan dan kaki yang sempurna seperti kebanyakan kita, namun setinggi langit cita-citanya. Farid Hakim Baihaqi Marwan namanya,  bocah sepuluh tahun yang bercita-cita menjadi da'i dan pintar berdakwah. Tak hanya itu, Hakim juga pandai berenang, main piano, bahkan bisa beladiri loh!

Rabu, 26 Maret 2014

Benci itu Seperti . . .

Suatu ketika, di sebuah sekolah dasar, seorang guru mencoba menjelaskan tentang "perasaan benci" pada murid-muridnya. Tentu, menghadapi para murid yang berusia muda sangat berbeda dengan memberikan penjelasan pada orang dewasa, maka guru itu pun menginstruksikan murid-muridnya untuk melakukan sesuatu yang tidak biasa.

Selasa, 25 Maret 2014

Pionir

Dalam pelajaran biologi, kita pernah mengenal tumbuhan lumut (moss) yang masuk dalam Kingdom Plantae (tumbuhan), divisi Bryophyta. Tumbuhan ini belum termasuk dalam tumbuhan sejati, karena belum memiliki struktur akar, batang dan daun yang jelas, karena itu pula dia disebut tumbuhan talus. Oke, sampai saat ini postingan ini menyerupai buku teks biologi kelas XII semester I. Jadi sebelum pembaca sekalian meninggalkan postingan ini, penulis akan segera masuk ke topik utamanya.

Rabu, 12 Maret 2014

Compromise It

Namanya manusia adalah makhluk sosial, yang mana hidup dan berinteraksi dengan sesamanya dalam berbagai kesempatan. Dan setiap manusia pasti punya kepentingan, keinginan, kebutuhan, dan sebagainya.

Minggu, 02 Maret 2014

Nobody's Perfect

Sebaik-baiknya manusia, pasti nggak sempurna. Mencoba jadi sebaik apapun kita, akan tetap adaaa aja yang nggak suka, ngerumpiin, ngefitnahin, ngesirikin, nganggep kita cari muka, ngebenci kita, sampe nganggep musuh, pasti ada deh.

Rabu, 12 Februari 2014

Tas Mahal

Lagi nonton Hitam Putih (12 Februari 2014), eh lagi bahas beberapa seleb yang punya koleksi tas seharga 100 juta. Miris bung. Di saat ribuan orang masih berjuang mendapat sepuluh ribu sehari, katakanlah, di sisi lain ada orang yang demikian mudahnya menghamburkan 100 juta rupiah (itu artinya ada 10 ribu lembar uang sepuluh ribuan) demi sebuah tas (yang merupakan sebuah kebutuhan gengsi semata).

Senin, 03 Februari 2014

Mimpimu* Bukan Mi Instan

*mimpi yang dimaksud di sini adalah impian/cita-cita,bukan bunga tidur belaka
Semua orang pasti punya impian. Ya kan? Ayo ngacung yang nggak punya impian, saya rasa nggak ada ya? Cuma, belum semuanya cukup beruntung, belum semuanya telah mencapai mimpi-mimpi mereka. Pasti masih ada 'gap' atau selisih antara impian dan pencapaian saat ini. Oh, ada yang mimpinya udah kesampean? Syukur deh, selamat yaaa *traktiraaaan :D

Kamis, 30 Januari 2014

Nggak Semua yang Loe Denger itu Bener

Pernah kan denger tagline di atas?

Ini penulis bukan lagi ngiklanin permen, tapi lagi ngomentarin media massa. Entah media cetak, elektronik, atau lainnya. Entah karena apa, media massa sekarang ini bukannya memberitakan yang penting, benar dan baik (ingat tentang filter mulut), tapi kok terlihat ada tendensi tertentu, tidak berimbang, dan cukup lebay. Apakah dengan dalih kebebasan informasi, berarti media massa bisa berbuat seenaknya? Bisa jadi. . .

Hasil Karya Tim

Akhirnya setelah bertahun-tahun dikonsep, kelar juga Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai tentang Pakaian Dinas Seragam bagi pegawai DJBC berikut atribut dan kelengkapannya. Penulis terlibat dalam tim proyek ini sejak tahun lalu, jadi sedikit banyak tahu lah betapa njlimetnya proses membikin suatu aturan (apalagi tentang aturan-aturan lain, pasti lebih njlimet lagi). Dan terasa begitu lega saat Perdirjen ini sudah ditandatangani oleh Dirjen BC. Kerennya lagi, kemarin, PDS yang ada 17 macam itu ditampilkan semua dalam defile pada acara peringatan ke-62 Hari Pabean Internasional di kantor pusat DJBC.

Selasa, 21 Januari 2014

Perbandingan yang Nggak Sebanding

Seringkali ketika kita melihat ke orang lain yang lebih 'sukses' dari kita (tentu, sukses itu relatif), maka refleks akan kita bandingkan dengan keadaan kita yang 'kurang/belum sukses'., atau dengan kata lain, gagal. Padahal pola pikir seperti itu sebenarnya kurang tepat.

Senin, 13 Januari 2014

Teori Baru Penyebab Banjir di Mana-mana

Bulan Januari, kata orang Jawa artinya hujan sehari-hari. Dan memang begitulah adanya, dari kemarin pagi, sampe pagi lagi hari ini, ujan mulu bawaannya. Dan di beberapa kota besar macam Jakarta, logika yang berlaku adalah sebagai berikut:

Rabu, 08 Januari 2014

Mari, Kita Coba Renungkan Sejenak

Pernahkah saat kau duduk santai dan menikmati harimu, tiba-tiba terpikirkan olehmu ingin berbuat sesuatu kebaikan untuk seseorang?
Itu adalah ﺍﻟﻠّﻪ yang sedang
berbicara denganmu dan mengetuk pintu hatimu (QS 4:114, 2:195, 28:77)

Pernahkah saat kau sedang sedih, kecewa tetapi tidak ada orang di sekitarmu yang dapat kau jadikan tempat curahan hati?
Itulah adalah ﺍﻟﻠّﻪ yang sedang rindu padamu dan ingin agar kau berbicara pada-NYA (QS 12:86)

Pernahkah tanpa sengaja kau
memikirkan seseorang yang sudah lama tidak bertemu, tiba-tiba orang tersebut muncul, atau kau bertemu dengannya atau kau menerima telepon darinya?
Itu adalah Kuasa ﺍﻟﻠّﻪ yang sedang menghiburmu. Tidak ada yang namanya kebetulan (QS 3:190-191).

Pernahkah kau mendapatkan
sesuatu yang tidak terduga, yang selama ini kau inginkan tapi rasanya sulit untuk didapatkan?
Itu adalah ﺍﻟﻠّﻪ yang mengetahui dan mendengar suara batinmu serta hasil dari benih kebaikan yang kau taburkan sebelumnya (QS 65:2-3).

Pernahkah kau berada dalam
situasi yang buntu, semua terasa begitu sulit, begitu tidak menyenangkan, hambar, kosong bahkan menakutkan?
Itu adalah saat ﺍﻟﻠّﻪ mengizinkan kau untuk diuji, Dan ﺍﻟﻠّﻪ ingin mendengar rintihan serta do'amu
agar kau menyadari akan
keberadaan-NYA. Karena DIA
tahu kau sudah mulai melupakan- NYA dalam kesenangan (QS 47:31, 32:21).

Jika kau peka, akan sering kau sadari bahwa KASIH dan KUASA ﺍﻟﻠّﻪ selalu ada di saat manusia merasa dirinya tak mampu.

Apakah kau pikir tulisan ini hanya iseng terkirim padamu? Tidak! Sekali lagi, TIDAK ADA YANG KEBETULAN...
Beberapa menit ini tenangkanlah
dirimu, rasakan kehadiran-NYA..
Dengarkan suara-NYA yang
berkata:
"Jangan khawatir, AKU disini
bersamamu" (QS 2:214, 2:186)

#sebuah perenungan buat kita semua,yang dikirim oleh seorang kakak kepada adiknya

Selasa, 07 Januari 2014

Tahun Baru . . . Angkanya Nambah tapi Sebenarnya Berkurang

Oke, kita sudah melewati pekan pertama tahun 2014, dan satu yang pasti. Dunia ini makin dekat dengan kiamat. Masing-masing kita makin dekat dengan kematian kita. Tentu, kita tak tahu pasti kapan kiamat dan kematian kita tiba, tapi satu yang pasti, ia tak akan mundur!

Maka sudah sebanyak apa bekal kita untuk  menghadapinya?Sudahkah kita memaksimalkan (SISA) waktu yang kita miliki untuk mencari bekal kematian? Percayalah, ia akan datang pada saat yang tak diduga-duga, dan percayala, jika kita mulai mempersiapkan diri dari sekarang, tak akan ada ruginya. Saya belum pernah mengalaminya, namun percayalah, bahwa kita akan menjadi orang yang beruntung ketika sudah memiliki cukup bekal saat ajal menjemput . . . 
*terinspirasi materi ceramah ba'da Dzuhur Masjid KP DJBC, 7 Januari 2014 oleh Ustadz  A. H. Ibnu Rahman Al Bughury